Friday, 19 November 2010

[INFO] Artis Korea Diresahkan Akun Twitter Palsu

Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter belakangan ini menjadi populer karena fungsinya sebagai penghubung banyak orang. Seringkali situs semacam ini dijadikan alat penghubung seorang bintang dengan fansnya, supaya mereka lebih dekat. Namun apa jadinya jika nama besar seorang bintang disalahgunakan orang-orang tertentu demi kepentingan pribadi?

Twitter Sejumlah Selebriti Ketahuan Palsu
Ketika situs jejaring sosial Twitter semakin populer, orang-orang yang berkecimpung di dunia hiburan Korea mulai diresahkan dengan adanya akun Twitter yang mengatasnamakan nama aktor dan penyanyi tertentu.
Pada 8 Juli 2010, agensi aktor Jung Il Woo, N.O.A Entertainment menyampaikan sebuah pernyataan berkenaan akun Twitter palsu sang aktor. “Kami baru saja mencari daftar Twitter selebriti, dan menemukan ada seseorang yang membuka akun Twitter palsu atas nama Jung Il Woo secara ilegal,” begitu pernyataan perwakilan perusahaan tersebut.

Sebelumnya masalah ini mencuat, akun Twitter palsu atas nama aktris Kim Soo Eun yang berada di bawah agensi yang sama dengan Il Woo juga telah eksis. Sejumlah aktor dan penyanyi Korea lainnya seperti Lee Byung Hun, Lee Min Ho, Jang Geun Suk, Lee Hyori, Girls Generation, Son Dam Bi, Rain, Kim Hyun Joong, dan Taec Yeon 2PM mengalami hal yang sama. Nama mereka dicuri seseorang yang ingin berpura-pura menjadi seorang bintang di Twitter.

Seperti yang diketahui, sejumlah selebriti lokal maupun dunia diketahui memiliki akun di Twitter, salah satu yang paling populer adalah Asthon Kutcher, selebriti sekaligus suami aktris Hollywood. Para selebriti yang merasa namanya disalahgunakan mengingatkan fans mereka agar lebih berhati-hati dengan hal tersebut.

Minta Fans Lebih Berhati-hati


Seperti halnya di Facebook, di Twitter kita bisa memposting foto dan menjadi followers Twitter seseorang. Akun palsu Jung Il Woo di Twitter dibuat seseorang dengan menggunakan nama “Il Woo Story”, dia menulis pesan di Twitter dan berpura-pura dirinya adalah Il Woo. Untuk menguatkan kesan kalau si pemilik akun adalah Il Woo, dia juga memposting gambar aktor lain di Twitter miliknya. Tak hanya itu, dia juga menjadi “followers” selebriti lain di situs tersebut.

Salah seorang juru bicara agensi Il Woo berkata, “Isi pesan itu hanya omong kosong orang yang berasumsi dirinya adalah Jung Il Woo, Twitter palsu tersebut telah membingungkan pengguna Twitter lainnya karena dia sudah terhubung dengan Twitter artis lain sebagai follower. Orang yang membuka akun palsu tersebut menjadi follower sahabat Jung Il Woo dan aktor Lee Min Ho. Bahkan dia berani menulis pesan di Twitter milik Lee Min Ho.
Sementara itu Il Woo sebagai salah artis yang namanya disalahgunakan, meminta fans lebih mawas. “Saya malu sekali dengan keberadaan (akun) Twitter palsu. Saya tidak pernah berpikir kalau kasus pencurian nama untuk Twitter yang sekarang marak terjadi, bisa menimpaku. Saya berharap hal ini tidak pernah terjadi pada teman-temanku dan selebriti lainnya. Lebih dari itu, saya minta supaya fans agar lebih berhati-hati,” kata Il Woo mengekspresikan perasaannya.

Persyaratan Buka Akun di Twitter Mudah

Seperti yang sudah diketahui, Lee Min Ho juga tersandung masalah yang sama, bahkan jumlah followernya sudah mencapai lebih 70 ribu. Sejak dibuat skhir tahun lalu, pembuat Twitter palsu atas Min Ho ini sudah mengelabui banyak orang selama beberapa bulan terakhir. Min Ho merupakan salah satu selebriti Korea yang memilik follower terbesar dari rekan-rekan seprofesinya, sebanyak 540.000 teman di situs jejaring sosial Facebook, begitu pula Twitter-nya yang juga begitu populer. Namun ketika diketahui itu semua bukan akun resmi miliknya, banyak yang merasa sedih. Agensi Min Ho sendiri yang memberi pernyataan pada fans mengenai adanya akun Twitter palsu tersebut setelah agensi menemukan sejumlah fakta. Setelah itu, Min Ho membuka akun Twitter sendiri pada 1 Juli 2010 dan memberitahu para fansnya.
Kasus pencurian nama semacam ini dikhawatirkan akan terulang lagi. Kenapa? Karena Twitter tidak memerlukan identifikasi penggunanya untuk membuat akun dan itu tidak menutup kemungkinan kasus yang sama seringkali terjadi di situs jejaring sosial tersebut.
Nama, password, dan alamat email merupakan persyaratan yang diminta untuk membuat sebuah akun di Twitter. Namanya pun tidak perlu nama asli si pembuat akun. Jadi, maraknya Twitter palsu bisa kapan saja ada ketika seseorang membuka akun disana. Selebriti-selebriti yang memiliki banyak fans adalah korban terbesar dari situasi membahayakan semacam ini. Mengingat dampak yang mungkin timbul, ketika informasi palsu disebarkan melalui Twitter milik orang ternama. Hal itu bisa menimbulkan masalah besar.

Merusak Imej Selebriti Terkait

Perwakilan agensi Kim So Eun dan Jung Il Woo mengatakan, “Setelah berita-berita mengenai akun Twitter palsu Kim Soo Eun muncul, kami mendapati akun palsu tersebut sudah ditutup.
Kami memutuskan untuk tidak mengambil jalur hukum karena pembuat akun sudah menutupnya secara sukarela. Namun jika hal yang sama masih terus terjadi terhadap selebriti-selebriti yang berada di bawah naungan manajemen kami, kami sekarang tengah mengusahakan langkah-langkah umum untuk mengatasi peniruan nama ini.”
Direktur Asosiasi Manajemen Hiburan Korea, Bae Kyung Reol mengatakan, “Bahkan sudah ada lima Twitters palsu yang dibuka untuk serial menghibur, sehingga mudah sekali untuk membuat akun Twitter dengan nama selebriti. Tapi, masalahnya ada pada informasi yang salah dan postingan yang ditulis pada Twitter palsu untuk tujuan komersial bisa berdampak negatif bagi imej sang selebriti.”
“Terima kasih untuk Twitter, orang-orang bisa bebas menuangkan pikirannya, namun ketika kita mempertimbangkan dampak besar yang dibawa, situs Twitter memiliki tanggung jawab untuk mengkonfirmasi identifikasi pengguna saat membuka akun. Saya harap orang-orang terkait bisa semakin bertanggung jawab untuk masalah ini,” lanjutnya.

Credit:asiangrup (Koreanstars edisi 54)

Posted by thefeysture (AFC)

0 comments:

Post a Comment